Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kompleks Elite Kawasan Gedebage Bandung

Antara, Ervan David ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 14:35 WIB
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kompleks Elite Kawasan Gedebage Bandung
Dua anak-anak saat bermain di tengah banjir dalam Kompleks Bumi Adipura, kawasan Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (25/1/2020). (Foto: iNews/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id – Hujan deras yang terus melanda dalam dua hari terakhir merendam salah satu perumahan elite di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/1/2020). Ketinggian air banjir bervariasi antara 70-80 centimeter.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, banjir di Kompleks Bumi Adipura akibat intensitas hujan yang tinggi hampir merata di wilayah Bandung. Selain itu juga akibat luapan Sungai Cinambo.

“Data yang dihimpun, ada sebanyak 400 rumah terendam dengan jumlah 397 kepala keluarga (KK) dan 150 jiwa terdampak banjir,” ujarnya.

BACA JUGA: Tebing 15 Meter Longsor di Tanjakan Hantap, Akses Cianjur-Bandung Putus Total

Dia mengatakan, BPBD Jabar berkoordinasi dengan DPKPB Kota Bandung dan Tim Rescue Diskar PB Kota Bandung mengevakuasi delapan orang warga ke tempat aman di Masjid Mistahul Janah menggunakan satu unit perahu karet. Selain itu juga membantu evakuasi terhadap hewan peliharaan.

"Kami juga berkoordinasi dengan DPU Kota Bandung yang sedang melakukan penyedotan di Kluster Tulip Kompleks Adipura dan mengimbau masyarakat untuk sementara tidak mendekati lokasi banjir,” katanya.

Salah seorang warga, Darwis mengatakan, banjir kali ini merupakan yang terparah dalam dua tahun terakhir. Sebagian warga mengungsi karena genangan air masih sampai ke dalam rumah.

“Banjirnya malam hari dan naik terus sampai dini hari. Genangannya cukup lama baru turun. Dulu-dulu di sini gak pernah banjir. Kalau pun ada genangan cepat surutnya,” kata Darwis.


Editor : Donald Karouw