Banjir Bandang Terjang Lembang, Perhutani Bandung Utara: Tak Ada Alih Fungsi Lahan Hutan

Adi Haryanto ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:24:00 WIB
Banjir Bandang Terjang Lembang, Perhutani Bandung Utara: Tak Ada Alih Fungsi Lahan Hutan
Warga Kampung Babakan, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, KBB, membersihkan rumah seusai diterjang banjir bandang yang membawa material lumpur pada Selasa (19/10/2021) lalu. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara angkat bicara terkait dugaan banjir bandang yang menerjang Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (19/10/2021).  Perhutani menegaskan bencana itu bukan karena alih fungsi hutan.

Asisten Perhutani (Asper) KPH Bandung Utara Susanto mengatakan, pemanfaatan lahan hutan telah diatur dalam perundang-undangan Nomor 83 tahun 2016. Sehingga terkait hal ini dipastikan sudah ada pembatasan untuk pemanfaatan lahan tersebut.

"Pastinya ada pembatasan pemanfaatan mana yang bisa dan tidak. Itu jelas berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor P.13 tahun 2020," kata Asper KPH Bandung Utara, Kamis (21/10/2021).

Susanto menyatakan, Perhutani telah mengimbau masyarakat agar tidak berlebihan dalam memanfaatkan lahan hutan. Masyarakat boleh melakukan aktivitas di lahan Perhutani dengan catatan memperhatikan batasan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: