Bakda Jumat, Salat Gaib untuk Emmeril di Bandung Digelar di Sini

Arif Budianto · Jumat, 03 Juni 2022 - 10:45:00 WIB
Bakda Jumat, Salat Gaib untuk Emmeril di Bandung Digelar di Sini
Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Foto: Instagram/emmerilkahn)

BANDUNG, iNews.id - Sejumlah masjid di Kota Bandung bakal menggelar salat gaib untuk putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz. Salat gaib digelar untuk mendoakan Emmeril yang hilang di Sungai Aare, Swiss dan hingga kini belum ditemukan. 

Informasi yang dihimpun MNC Portal, salat gaib akan digelar di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana bakda salat Jumat. Sementara pada sore harinya, akan digelar doa bersama dan istigosah. Salat gaib juga akan digelar di Masjid Kadin Jabar, Masjid Gedung Sate, dan lainnya. 

Salat gaib digelar setelah adanya surat edaran MUI Provinsi Jawa Barat, bahwa Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selaku orang tua Eril menyatakan telah mengikhlaskan putranya karena hilang tenggelam.

Selain itu, dalam surat tersebut juga tercantum keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss, bahwa otoritas setempat telah mengubah status Emmeril Khan Mumtaz dari yang awalnya orang hilang (missing person) menjadi orang yang tenggelam (drowned person).

Oleh karenanya, dengan memperhatikan keterangan dari pihak keluarga dan memperhatikan ketentuan syara', maka jenazah harus disalatkan. Namun, karena jenazah Eril belum ditemukan, maka salat jenazah dilakukan dengan cara salat gaib.

Mengacu pada surat tersebut, seluruh masjid dan musala di Jawa Barat diintruksikan untuk melakukan salat gaib dengan waktu sebelum atau sesudah salat Jumat. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: