Awal Tahun Baru 2020, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Rahmat Hidayat ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 07:16:00 WIB
Awal Tahun Baru 2020, Kota Bekasi Dikepung Banjir
Warga mengungsi akibat banjir di Kampung Bunga Karang, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (1/1/2020). (Foto: iNews/Rahmat Hidayat)

BEKASI, iNews.idBanjir menyambut warga Kota Bekasi, Jawa Barat di hari pertama tahun baru 2020, Rabu (1/1/2020). Dari data BPBD Kota Bekasi, sejumlah titik yang dilanda banjir parah yaitu, Pangkalan Satu B, Bantargebang, Kampung Rawa Panjang, Kampung Margahayu, dan Kampung Teluk Pucung.

Salah satu wilayah terparah dilanda banjir yakni, Kampung Bunga Karang, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Di wilayah ini, banjir setinggi satu meter merendam rumah-rumah warga.

Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Bekasi sejak Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu dini hari. Akibatnya, tanggul Kali Bekasi jebol lantaran tidak kuat menahan derasnya air kiriman dari Sungai Cikeas, Bogor.

Sebagian warga yang rumahnya terendam banjir hampir setinggi satu meter terpaksa mengungsi ke rumah tetangga maupun kerabat. Sedangkan warga lainnya tampak sibuk mengamankan harta benda dari banjir. Warga yang rumahnya terendam air memasang karung berisi pasir agar banjir tidak terlalu tinggi.

Warga Kampung Bunga Karang, Nilam Ayu mengatakan, banjir mulai masuk ke rumah-rumah warga sejak Selasa malam. Selain hujan deras, banjir diperparah dari luapan Kali Bekasi yang tidak mampu menampung debit air kiriman dari hulu.

“Tanggul Kali Bekasi jebol karena tidak kuat nahan arus dari kiriman Sungai Cikeas, Bogor,” katanya.

Warga lainnya, Sulaiman mengatakan, kondisi jebolnya tanggul Kali Bekas itu memang selalu dikhawatirkan warga ketika musim hujan tiba. “Ada satu titik tanggul yang rusak, tapi belum diperbaiki hingga jebol lagi sekarang,” ucapnya.

Untuk membantu korban banjir, anggota TNI dari Kodim 0507 Bekasi terjun ke lokasi. Mereka mengimbau warga untuk selalu waspada dan berhati-hati terutama dengan barang-barang elektronik.


Editor : Kastolani Marzuki