Aturan Baru PPKM Mikro di Bandung saat Ramadan, Ini Rinciannya

Arif Budianto · Minggu, 11 April 2021 - 12:53:00 WIB
Aturan Baru PPKM Mikro di Bandung saat Ramadan, Ini Rinciannya
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung telah mengeluarkan aturan terbaru terkait pelaksanaan PPKM mikro yang berlaku hingga 19 April 2021. Aturan ini juga menjadi panduan bagi umat muslim yang sebentar lagi bakal melaksanakan ibadah puasa Ramadan. 

Beberapa kebijakan yang dikeluarkan Pemkot Bandung secara detail dapat dilihat berdasarkan aturan bersama, ibadah tarawih, salat Idul Fitri, dan lainnya.

"Bahwa diperbolehkannya pelaksanaan salat berjamaah Tarawih dan salat Id, namun tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial, Minggu (11/4/2021).

Kendati diperkenankan, jumlah jamaah yang diizinkan jika pelaksanaan salat berjamaah di dalam masjid adalah sebesar 50 persen dari kapasitas masjid. Jamaah juga tetap menjaga jarak. Pelaksanaan salat berjamaah diupayakan sesederhana mungkin dengan waktu yang tidak terlalu panjang.

"Kegiatan buka bersama diperbolehkan, namun tetap diberikan Batasan yaitu 50 persen dari kapasitas tempat makan/restoran dan tetap menjaga protokol kesehatan," jelas dia.

Kegiatan itikaf diperbolehkan dengan membatasi kapasitas 50 persen dari kapasitas masjid. Kegiatan kultum, ceramah dan lain lain diperbolehkan namun dilaksanakan dengan singkat, maksimal 15 Menit.

"Kemudian, meniadakan kegiatan ngabuburit dan kegiatan jalan bersama setelah subuh," ujar Oded.

Khusus untuk mudik, juga meniadakan kegiatan mudik untuk sementara bagi masyarakat. Sementara pelaksanaan salat Id dilakukan di masjid dan di luar ruangan.

Editor : Asep Supiandi