Atasi Kendala Internet, Guru Dibekali Tas Multifungsi saat Datangi Siswa ke Rumah

Agung Bakti Sarasa ยท Minggu, 20 Desember 2020 - 04:58:00 WIB
Atasi Kendala Internet, Guru Dibekali Tas Multifungsi saat Datangi Siswa ke Rumah
Tas yang dibawa guru saat kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa).

BANDUNG, iNews.id - Guru di wilayah Jawa Barat (Jabar) dibekali tas multiffungsi yang dapat dibawa saat mendatangi siswa yang terkendala internet. Selain kebutuhan mengajar, terdapat juga perlengkapan alat pelindung diri.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi mengatakan, sedikitnya terdapat 1.200 desa yang berstatus desa hutan dan sulit mengakses jaringan internet.

"Kalau letak sekolahnya mungkin masih ada di pusat kecamatan, tapi siswa-siswanya kebanyakan di pelosok yang tidak terjangkau jaringan internet," kata Dedi di Kota Bandung, Jabar, Sabtu (19/12/2020).

Karena itu, dia membuat terobosan agar guru yang mendatangi siswa untuk belajar memiliki bekal yang cukup, mulai dari APD hingga perlatan mengajar.

"Program ini menjadi solusi terhadap keterbatasan infrastruktur pembelajaran jarak jauh di Jabar," katanya.

Dedi berharap, tas multifungsi ini dapat memudahkan para guru yang mengajar di wilayah pelosok, termasuk melindungi kesehatan mereka di tengah pandemi Covid-19.

Kepala SMAN 2 Lembang Kabupaten Bandung Barat, Lina mengakui, metode pembelajaran jarak jauh selama masih terus dievaluasi. Apalagi ada pelajar yang tinggal di daerah pelosok desa.

Selain terkendala jaringan internet, siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh umumnya karena tidak memiliki gawai yang mumpuni.

"Jadi guru tetap mengunjungi rumah-rumah para siswa ini supaya mereka tetap sama-sama mendapat pengajaran seperti siswa lainnya," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal