Asap Gunung Tangkuban Parahu Terlihat Jelas di Menara Gedung Sate

Antara, Andi Mohammad Ikhbal ยท Jumat, 26 Juli 2019 - 17:56 WIB
Asap Gunung Tangkuban Parahu Terlihat Jelas di Menara Gedung Sate
Kepulan asap akibat letusan Gunung Tangkuban Parahu. (Foto: Dok iNews).

BANDUNG, iNews.id - Kepulan asap akibat letusan Gunung Tangkuban Parahu, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, terlihat jelas dari menara Tusuk Sate, Gedung Sate Bandung.

Hingga pukul 17.00 WIB kepulan asap Gunung Tangkuban Parahu terlihat jelas oleh warga di sekitar Kota Bandung bila naik ke bangunan yang lebih tinggi.

"Jam setengah lima sore itu sudah ramai info Gunung Tangkuban Parahu meletus. Kebetulan masih di Gedung Sate, jadi kami langsung naik ke menara. Memang kepulan asap terlihat jelas," kata seorang warga Bandung, Agustin Purnama, di Kota Bandung, Jabar, Jumat (26/7/2019).

Sebelumnya, erupsi Gunung Tangkuban Parahu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih lima menit 30 detik. Kolom abu letusan teramati mencapai 200 meter dengan warna kelabu tebal.

Pantauan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu, kolom abu condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi pertama terjadi pukul 15.48 WIB.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal