get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkab Kotabaru Gelar Tabligh Akbar bersama Habib Mustofa Al Haddar di Siring Laut

Apa Itu Marketing Mix? Berikut Definisi dan Konsepnya!

Jumat, 29 September 2023 - 15:41:00 WIB
Apa Itu Marketing Mix? Berikut Definisi dan Konsepnya!
(Ilustrasi: freepik.com)

JAKARTA, iNews.id - Dalam dunia bisnis, marketing menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan tingkat penjualan dan profit perusahaan. Marketing sendiri mempunyai beberapa jenis, salah satunya marketing mix yang saat ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis. Namun, tahu kah Anda apa itu marketing mix?

Kebanyakan orang, hanya tahu dan mendengar istilah marketing mix saja. Mereka tidak paham apa yang dimaksud dengan marketing mix dan bagaimana konsep di dalamnya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini akan diberikan pembahasan lengkap.

Simak penjelasan mengenai apa itu marketing mix beserta konsepnya di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix merupakan sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen sekaligus dengan tujuan menjual barang atau jasa menjadi lebih efektif, sehingga dapat menjangkau audiens sesuai target pasar. Elemen di dalam marketing ini terdapat empat, yaitu product, price, place, dan promotion atau lebih dikenal dengan 4P. 

Melalui gabungan beberapa elemen tersebut, dapat membantu perusahaan untuk menempatkan produk berdasarkan tempat, harga, dan waktu yang tepat. Hal ini tentunya dapat menciptakan sebuah strategi pemasaran yang efektif dan efisien sesuai target pasar. Tentunya, akan membantu sebuah brand atau perusahaan untuk menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan penjualan produk.

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia usaha, mungkin masih asing dengan yang namanya marketing mix. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan jasa konsultan pemasaran untuk membantu membuat sebuah strategi marketing terbaik dan tepat sasaran. Hal ini penting Anda lakukan ketika belum paham betul perihal pemasaran atau marketing.

Konsep Marketing Mix

1. Product

Konsep pertama paling penting dalam dunia pemasaran adalah produk berupa barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Elemen satu ini berarti apa saja yang diproduksi perusahaan dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen bisa berbentuk produk fisik maupun non fisik (jasa).

Terlebih lagi, di era digitalisasi ini memungkinkan perusahaan menciptakan produk yang bisa diakses secara online. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran teknologi mampu memberikan dampak positif bagi pelaku usaha. Maka dari itu, pastikan Anda telah menentukan produk sebelum melakukan marketing.

2. Price

Apabila Anda telah menentukan produk tertentu, maka elemen selanjutnya dalam hal pemasaran adalah price atau harga. Price disini berarti berapa jumlah uang yang akan dibebankan kepada konsumen ketika membeli produk berupa barang atau jasa tersebut. Dengan kata lain, pembeli harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli atau memiliki produk dari brand tertentu.

Melalui konsep ini, Anda harus memperhitungkan berapa harga dalam satu produk yang dibebankan kepada konsumen. Pastikan, harga jual yang Anda tentukan akan memberikan profit kepada perusahaan serta tidak memberatkan bagi konsumen. 

3. Place

Place atau tempat merupakan sebuah lokasi yang akan menjadi tempat untuk melakukan transaksi jual beli produk perusahaan. Hal ini sangat penting dimiliki karena sebuah perusahaan harus mempunyai tempat untuk mempermudah produk bisa sampai ke tangan konsumen. Tempat di sini meliputi beberapa elemen, yaitu kelengkapan produk, transportasi, lokasi, dan masih banyak lagi.

Lokasi strategis juga menentukan seberapa besar tingkat penjualan yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Pasalnya, melalui lokasi semacam ini dapat lebih mudah untuk menjangkau audiens lebih luas. Selain secara fisik, lokasi bisnis sekarang ini sudah bisa dilakukan melalui internet, seperti marketplace, media sosial, toko online, dan lain sebagainya.

4. Promotion

Konsep terakhir adalah mengenai promosi yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness serta tingkat penjualan sebuah produk. Promosi ini melibatkan untuk menyebarluaskan maupun memperkenalkan produk atau layanan kepada para konsumen sesuai target pasar.

Perusahaan bisa melakukan promosi melalui beberapa media, baik secara offline maupun online. Promosi offline berarti semacam banner, broadcast, dan lain sebagainya. Sementara itu, media online bisa dilakukan melalui sosial media, website, podcast, digital ads, dan masih banyak lagi.

Pembahasan di atas telah menjelaskan apa itu marketing mix dalam dunia usaha yang berarti sebuah strategi pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan melalui empat elemen. Strategi semacam ini sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan peluang supaya dapat menjangkau audiens lebih luas. Anda bisa melakukan dan mewujudkan dari bantuan jasa konsultansi perihal marketing atau klik disini.

Editor: Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut