Antisipasi Teroris, Kapolda Jabar Perintahkan Polres Jajaran Perketat Penjagaan Markas

Agus Warsudi · Rabu, 31 Maret 2021 - 17:33:00 WIB
Antisipasi Teroris, Kapolda Jabar Perintahkan Polres Jajaran Perketat Penjagaan Markas
Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri memerintahkan semua polres jajaran meningkatkan pengamanan dengan memperkatat penjagaan. (Foto: iNews)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar) Irjen Pol Ahmad Dofiri memerintahkan seluruh polres jajaran meningkatkan pengamanan dengan memperketat penjagaan markas. Peningkatan pengamanan wajib dilakukan untuk mengantisipasi teroris menerobos masuk ke markas kepolisian seperti yang terjadi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (31/3/2021) sore.

"Tadi pak kapolda udah memerintahkan seluruh polres di Jawa Barat untuk meningkatkan mengamanan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi Adrimulan Chaniago. 

Diberitakan sebelumnya, Polrestabes Bandung memperketat pengamanan menyusul peristiwa seorang terduga teroris menerobos masuk ke Markas Besar (Mabes) Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (31/3/2021). Penjagaan diperketat untuk mengantisipasi masuknya teroris ke Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

"Kami tingkatkan pengamanan dengan melakukan penjagaan ketat," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya melalui Kabagops Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiono di Mapolrestabes Bandung. 

AKBP Asep mengemukakan, peningkatan keamanan yang dilakukan, masyarakat yang akan masuk ke kantor polisi, akan di geledah untuk diperiksa. Mereka dilarang juga membawa barang-barang ke dalam markas polisi. 

"Peningkatan juga dilaksanakan ditingkat Polsek. Selain itu untuk anggota yang berjaga di jalanan, kita persenjatai dan menggunakan body protector," ujarnya. 

Kabagops Polrestabes Bandung menuturkan, pihaknya pun akan menambah personel penjagaan dengan bantuan personel dari Polda Jabar dan Brimob untuk meningkatkan keamanan di markas polisi serta objek vital. 

Dengan adanya kejadian tersebut, Asep mengimbau, masyarakat kota Bandung, tetap tenang. Laporkan jika mendapati gerak-gerik orang atau benda mencurigakan.

Diketahui, trduga teroris ditembak mati saat nekat menerobos kompleks Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021) sore. Peristiwa itu sontak mengagetkan petugas dan warga yang sedang berada di lokasi kejadian.

Saksi mata M Iqbal mengaku mendengar beberapa kali suara tembakan di sekitar Mabes Polri. Saat kejadian, Iqbal mengaku sedang berada di lantai 5.

"Posisi saya di humas lantai 5 lagi ngopi, saya denger suara tembakan beberapa kali," kata salah satu jurnalis itu di Mabes Polri, Selasa (31/3/2021).

Detik-detik pelaku masuk kompleks Mabes Polri hingga ambruk setelah diterjang peluru terekam video amatir yang beredar luas.

Informasi diperoleh, terduga teroris yang mengenakan gamis itu memasuki komplek Mabes Polri di Jalan Trunojoko, Jakarta Selatan, sekitar pukul 16.30 WIB. 

Hingga saat ini, belum ada keterangan dari pihak kepolisian terkait penembakan pria tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: