Angin Kencang Jadi Kendala Petugas Memadamkan Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai

Antara ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 18:20 WIB
Angin Kencang Jadi Kendala Petugas Memadamkan Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai
Kebakaran hutan di lokasi lereng gunung. (Foto: Dok iNews).

MAJALENGKA, iNews.id - Proses pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Ciremai di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), terkendala angin kencang. Akibatnya, api malah semakin besar dan sulit dikendalikan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, Agus Permana mengatakan, angin yang berembus cukup kencang membuat petugas kesulitan memadamkan api.

"Api masih sulit dikendalikan, karena angin kencang dan berubah-ubah," kata Agus kepada wartawan di Kabupaten Majalengka, Jabar, Senin (7/10/2019).

 Menurut dia, meski sudah dibuat sekat bakar, api tetap bisa dilewati karena tiupan angin. Selain itu, api yang kian membesar akhirnya membuat personel pemadaman api sulit bernapas.

"Asap cukup tebal mengganggu upaya pemadaman dan pembuatan sekat bakar, menyulitkan pernapasan personel di lapangan," ujar dia.

Kebakaran hutan di lokasi lereng Gunung Ciremai. (Foto: Dok iNews).

Selain masalah angin kencang, lahan yang terbakar berupa semak-semak, ilalang dan daun kering, merupakan bahan-bahan mudah terbakar, sehingga api benar-benar sulit dikendalikan.

Kebakaran sendiri terjadi sejak hari Jumat (4/10/2019) lalu dan sampai saat ini belum bisa dipadamkan. Kawasan yang terbakar yaitu hutan pinus di ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut.

"Lokasi berada pada daerah yang susah dijangkau dan menyebar di beberapa titik, sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar," ujar Agus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal