Alhamdulillah, Balita Idap Kulit Bersisik Akhirnya Dirawat di RSUD Subang

Yudy Heryawan Juanda ยท Selasa, 31 Mei 2022 - 11:45:00 WIB
Alhamdulillah, Balita Idap Kulit Bersisik Akhirnya Dirawat di RSUD Subang
ELisa akhirnya mendapat penanganan medis secara gratis RSUD Subang. (Foto: iNews.id/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id - Balita pengidap penyakit langka akhirnya mendapat perawatan medis secara gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang. Namun penyakit Ichthyosis Kongenital yang diidap Elisa (4) ini berisiko menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Sebelumnya, Kementerian Sosial turun tangan dengan membawa Elis ke RSUD Subang untuk mendapat perawatan. Balita malang itu kini mendapat perawatan di Ruang Anggrek, yakni ruangan khusus yang disiapkan untuk Elisa.

Untuk menangani penyakit langka ini, RSUD Subang menurunkan tiga dokter spesialis, yaitu dokter anak, kulit dan kelamin, serta dokter mata. Kondisi Elisa pun kini sudah cukup membaik. Kulit bersisiknya kini tidak terlalu kering seperti sebelumnya. Begitu pula rasa gatalnya pun sudah mulai berkurang. Kondisinya cukup stabil termasuk napsu makannya sudah mulai kembali.

Akibat keterlambatan penanganan balita ini belum bisa berjalan sebagaimana usia anak sebayanya. Ichthyosis Kongenital merupakan penyakit kulit akibat mutasi gen.

Di bagian lain, Yuyun, ibunda Elisa tak kuasa menahan haru. Anak semata wayangnya sudah mendapat perawatan medis secara layak. Keterbatasan biaya membuat Elisa terlambat mendapat penanganan dokter. 

"Saya sudah pasrah dan ikhlas dengan kondisi anak seperti ini. Alhamdulillah Elisa sudah bisa dirawat secara layak. Selama ini baru sekali Elisa dibawa ke dokter anak," ujar Yuyun, Selasa (31/5/2022).

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin RSUD Subang, saat ini kondisi anak cukup stabil. Tim dokter terlebih dahulu fokus menangani kekurangan gizi yang diidap Elisa selama ini agar pertubuhan tubuhnya semakin membaik.

"Sampai saat ini sudah empat hari pasien dirawat di ruang isolasi untuk anak. Keluhan awalnya kulit kering bersisik dengan rasa gatal serta gizi buruk. Alhamdulillah perkembangannya cukup stabil,"Ini merupakan kasus pertama yang ditangani RSUD Subang," kata dokter spesialis kulit RSUD Subang, dr Riri Adriana.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: