Aksinya Bersihkan Gorong-Gorong Viral, Asep Dihadiahi Sepeda

Sindonews.com ยท Senin, 30 Desember 2019 - 16:21 WIB
Aksinya Bersihkan Gorong-Gorong Viral, Asep Dihadiahi Sepeda
Wali Kota Bandung Oded M Danial saat konferensi pers di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019). (Foto: iNews/Billy Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id - Aksi Asep Nugraha menyelam ke gorong-gorong sedalam empat meter untuk membersihkan sampah yang menyumbat saluran pembungan, viral di media sosial. Atas aksinya itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial memberi sembako dan sepeda.

"Saya datang ke sini membawa sedikit sembako buat mereka berdua. Kemudian ada kadedeuh (uang) juga. Saya juga memberi dua sepeda buat mereka, nanti mereka langsung ambil di Pendopo," kata Oded di kediaman Asep, Cicadas, Bandung, Senin (30/12/2019) seperti dikutip dari Sindonews.com.

Oded mengapresiasi Asep yang karena mereka membersihkan selokan yang mampet. Padahal, kondisi air di selokan sangat kotor dan pekat.

"Saya terharu melihat mereka di YouTube, makanya saya datang ke sini. Saya hanya ingin sampaikan ucapan terima kasih kepada mereka berdua, kepada semuanya juga," ucap dia.

Oded berharap aksi tersebut menjadi contoh bagi aparatur sipi negara (ASN) agar lebih memperhatikan lingkungan. Dia ingin ASN Kota Bandung tidak malu mencontoh aksi itu.

"Bagi kami Pemerintah Kota Bandung, menjadi cambuk semua bagi ASN agar lebih perhatikan lingkungan. Apalagi ada kepolisian dari mayarakat seperti itu," ujarnya.

Sebelumnya, Asep mengaku sudah biasa melakukan hal tersebut untuk kepentingan orang banyak. Dia melakukan itu atas dasar keresahan masyarakat yang sering mengeluh banjir akibat saluran air itu mampet.

“Saya tidak menyangka, tadinya tidak mau viral. Saya jadi tidak bisa tidur,” kata Asep, Minggu (30/12/2019)

Asep mengatakan saat video itu diambil dirinya sedang menyelam untuk membersihkan sampah yang menyumbat gorong-gorong itu. Mulai dari sampah plastik, pakaian bekas, pembalut yang dibuang sembarangan, kayu, dan pasir. Dia mengaku sudah tidak jijik dengan tugas ini karena sudah sering melakukannya.

“Ya sudah tidak jijik, saya sudah biasa melakukannya, walau kadang airnya kemakan atau keminum. Sudah biasanya, saya anggap rasanya seperti strawberry,” katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq