ACT Kirim 7 Kontainer Bantuan Bahan Pangan dari Warga Jabar ke Lombok

Yogi Pasha ยท Jumat, 10 Agustus 2018 - 11:33 WIB
ACT Kirim 7 Kontainer Bantuan Bahan Pangan dari Warga Jabar ke Lombok
Kontainer yang disiapkan ACT untuk mengangkut bantuan dari warga Jabar untuk korban bencana gempa Lombok. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id –  Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Barat (Jabar) mengirimkan tujuh kontainer logistik yang berangkat dari Bandung menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (10/8/2018) pagi ini.

Head Of ACT Jabar Adi Nurdiansyah mengatakan, logistik yang dikirimkan berasal dari sumbangan warga yang dikumpulkan melalui lembaga amal untuk kemudian dihimpun dan disalurkan. "Yang kami berangkatkan ini kurang lebih 6.000 paket bantuan pangan yang isinya beras, minyak, dan gula, hasil sumbangan dan donasi masyarakat Jabar. Kami kirimkan langsung sebagai bentuk kepedulian," katan Nurdiansyah, di Bandung, Jumat (10/8/2018).

Dia menjelaskan, ada dua tahap pemberian bantuan yang akan dilakukan ACT, yakni fase emergency dan pemulihan. Pada fase emergency, bantuan yang disalurkan lebih memprioritaskan makanan. Sebab, saat itu kondisi pengungsian masih dalam tahap pencarian dan evakuasi para korban. "Khususnya makanan bagi bayi dan balita. Selain makanan, prioritas kami juga untuk bantuan selimut,” ujarnya.


Selanjutnya fase pemulihan, ACT bersama lembaga amal lain akan membangun kembali fasilitas umum yang rusak akibat gempa, seperti bangunan sekolah, rumah sakit, tempat ibadah dan yang lainnya.

Sementara untuk pakaian, ACT berupaya untuk mengurangi bantuan berupa sandang. Hal ini berkaca saat bantuan bencana banjir yang melanda Garut, pakaian-pakaian yang dikirim masyarakat malah menumpuk dan tidak terpakai. Selain itu juga yang saat ini paling dibutuhkan pengungsi yakni makanan bagi masyarakat dan bayi atau balita.

"Setelah fase emergency selesai dan masuk ke fase pemulihan, pakaian terutama seragam sekolah bagi anak-anak baru akan sangat dibutuhkan. Jadi kami tidak berhenti di emergency saja. Masih ada recovery. Orang banyak lupa padahal bagian yang terberat ya di recovery," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana mengatakan, bantuan logistik bagi korban gempa di Lombok akan terus disalurkan. Sebelumnya juga Pj Gubernur Jabar M Iriawan telah mengantarkan langsung bantuan senilai Rp3,5 miliar.

Bantuan logistik berupa kebutuhan makanan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian warga Jabar kepada korban gempa di Lombok. Dia memperkirakan masih akan ada bantuan amal kemanusiaan yang bakal dikirimkan ke Lombok.

"Kemarin Pj Gubernur sudah serahkan bantuan, sekarang lembaga ACT. Minggu depan kemungkinan Baznas juga akan mengirimkan bantuan," kata Haris.

Dia menuturkan, di Jabar banyak terdapat lembaga amal yang bisa menyalurkan bantuan untuk korban gempa di lombok. ACT merupakan salah satu lembaga yang ikut mengirimkan bantuan titipan dari masyarakat Jabar. "Insya Allah akan bertambah lagi. DPRD juga menitipkan bantuan ke lembaga amal," tutur Haris.


Editor : Donald Karouw