70.000 Orang Sudah Mudik ke Jabar, Ridwan Kamil: Tiba-tiba Dapat ODP Corona

Felldy Utama ยท Jumat, 03 April 2020 - 15:01 WIB
70.000 Orang Sudah Mudik ke Jabar, Ridwan Kamil: Tiba-tiba Dapat ODP Corona
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan) memantau grafik penyebaran Covid-19 di sela-sela peresmian Command Center dan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 di Bandung, Jabar, Selasa (10/3/2020). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyebut sudah ada 70.000 orang yang mudik lebih cepat ke Jabar. Sehingga orang pemudik itu diberi status orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19).

"Catatan kami 70.000 mudik duluan ke Jabar, artinya tiba-tiba kami mendapati ODP baru," ucap Ridwan saat video conference dengan Wapres Ma'ruf Amin, Jumat (3/4/2020).

Menurut pria disapa Kang Emil itu, saat ini pihak sedang melakukan rapid test bagi ODP corona. Apalagi pemudik yang datang ke Jabar mengalami positif terinfeksi virus corona.

Dia mencontohkan seorang lansia yang sedang sakit di Ciamis didatangi anaknya dari Jakarta. Kemudian hasil pemeriksaan, lansia tersebut positif virus corona.

Selain itu, pasangan suami istri di Bandung juga mengalami positif virus corona. Sang istri pulang mudik ke Bandung setelah libur dari tempat kerja. Kemudian sang suami dinyatakan positif virus corona.

"Saya tanya apa pola kerjanya? Pak Ridwan istri saya kerja di Jakarta diliburkan, pas gelaja dites dinyatakan positif," ucap Ridwan menirukan pasien positif corona.

Atas hal tersebut, dia meminta pemerintah pusat bisa mengimbau masyarakat agar tidak mudik ke kampung halaman masing-masing. Jika tidak ada imbauan, maka Pemprov Jabar akan sulit menangani wabah corona.

"Ini menunjukkan kalau mudik tidak ditahan, kami Jabar, Jateng, DIY dan Jatim pasti akan kewalahan pak," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat