45 Desa di Majalengka Diterjang Bencana Alam dalam Sepekan, Banjir Paling Dominan

Inin nastain ยท Jumat, 12 Februari 2021 - 20:07:00 WIB
45 Desa di Majalengka Diterjang Bencana Alam dalam Sepekan, Banjir Paling Dominan
Tabel bencana yang terjadi di Kabupaten Majalengka. (Foto: BPBD Majalengka)

MAJALENGKA, iNews.id- Sebanyak 45 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, diterjang bencana selama sepekan terakhir. Banjir, tercatat sebagai bencana paling banyak terjadi di daerah ini.

BPBD Kabupaten Majalengka, mencatat, bencana banjir terjadi di 35 desa yang tersebar di sembilan kecamatan. Musibah itu sebagian besar menerjang Majalengka bagian utara.

"Di Kecamatan Jatitujuh, banjir terjadi di 11 desa. Lalu Kecamatan Kertajati tujuh desa. Total, sebanyak 12.141 KK dan 33.759 jiwa terdampak," kata Kasi Kedaruratan BPBD Majalengka Reza Permana kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (12/2/2021).

"Ada satu orang meninggal, tapi bukan karena tenggelam. Almarhum memang punya riwayat penyakit, diperparah lagi kondisi seperti ini," ujar Reza.

Adapun untuk tanah longsor, terjadi di lima kecamatan yang tersebar di 10 desa. Musibah itu terjadi di Kecamatan Argapura, Maja, Majalengka, Cigasong, dan Kecamatan Kadipaten. "Kasus paling banyak terjadi di Kecamatan Cigasong," tutur dia.

Sementara, Reza memastikan banjir yang sempat terjadi di puluhan desa, saat ini sudah surut. Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati tercatat sebagai desa terakhir yang surut. 

"Kemarin Desa Mekarjaya masih banjir. Hari ini alhamdulillah sudah surut," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: