200 Siswa Secapa AD Positif Corona, Wagub Jabar Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Asep Juhariyono ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 11:55 WIB
200 Siswa Secapa AD Positif Corona, Wagub Jabar Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan
Wagub Jabar Uu Ruhzanul Ulum. (Foto:Antara)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebanyak 200 siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat di Kota Bandung, Jawa Barat positif virus corona. Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Meski pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah berakhir, namun untuk protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak, serta pola hidup bersih sehat tetap harus dilaksanakan oleh masyarakat.

"Meski Jawa Barat sudah menerapkan AKB (adaptasi kebiasaan baru) namun jangan anggap AKB sebagai kehidupan normal," kata Uu, Jumat (10/7/2020).

Dia mengatakan penanganan kasus corona di Secapa AD, Pemprov Jabar telah berkoordinasi dengan TNI. Menurut dia, seluruh siswa Secapa AD sudah melakukan isolasi di lokasi tersebut. Bahkan Gugus Tugas Covid-19 Jabar melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari di lokasi itu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pihaknya terus melakukan tiga langkah penanganan corona di Jabar. Pertama, pemerintah akan terus melakukan dan mengimbau kepada masyarakat agar terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Kedua, pihaknya akan terus melakukan tes secara massif dengan target 2.000 orang per hari. Ketiga, saat ditemukan kasus baru, penanganan akan dilakukan dengan cepat dan akurat, sehingga tidak akan menularkan kepada masyarakat yang lebih luas.

Wagub berharap lonjakan kasus Covid-19 di Jabar tidak kembali memberlakukan PSBB. Sebab sektor ekonomi harus ditumbuh di tengah pandemi.

"Mudah-mudahan tidak PSBB lagi, saya berharap juga tidak diberlakukan PSBB," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat