2 Pengelola Perumahan Tipu 201 Nasabah, Kerugian Rp8 miliar

Adi Haryanto · Jumat, 23 Oktober 2020 - 10:03:00 WIB
2 Pengelola Perumahan Tipu 201 Nasabah, Kerugian Rp8 miliar
Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki ketika meminta keterangan dari dua pelaku penipuan pembangunan perumahan saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Kamis (22/10/2020). (Foto Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Dua pengelola perumahan bernama Osi Rizal (58) dan Irvan Arief Rachman (42) diduga menipu 201 nasabah di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Para korban pun mengalami kerugian Rp8 miliar.

Osi Rizal alias Osu bin Sukindar (58) menjabat sebagai komisaris dan Irvan Arief Rachman selaku direktur keuangan pada proyek perumahan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Sumedang yang gagal terbangun. Keduanya ditangkap Polres Cimahi.

"Mereka tersangkut pembangunan proyek perumahan Parahyangan Hill Residence dan Bukit Parahyangan Residence yang dikelola PT Sukses Bangun Parahyangan (SBP) yang telah dilaporkan oleh tiga orang sejak Januari 2019," kata Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Kamis (22/10/2020).

Korban sebanyak 201 nasabah melakukan transaksi dan mencicil perumahan yang telah dijanjikan dengan masa cicilan lebih dari satu tahun.

Kasus ini bermula saat PT SBP pada tahun 2016 mengumumkan pembangunan proyek perumahan yang berada di Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, KBB. Mereka bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk kerja sama pemilik lahan.

Setelah menempuh perizinan untuk membangun kemudian PT SBP mulai beriklan dan banyak masyarakat tertarik sehingga menjalin komitmen pembelian.


Editor : Faieq Hidayat