BANDUNG, iNews.id - Beredar video enam penumpang kereta api terjebak di lift Stasiun Cimekar. Bahkan video tersebut sempat diposting di media sosial dan viral.
Meskipun keenamnya selamat, PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya kendala operasional lift di Stasiun Cimekar yang mengakibatkan 6 pelanggan KA Lokal terjebak di dalam lift tersebut.
Kejadian bermula pada pukul 11.23 WIB ketika 6 pelanggan KA Lokal terjebak di dalam lift hendak turun dari lantai 2 ke lantai 1 menggunakan lift yang terletak di sisi selatan Stasiun Cimekar baru.
Mendapati ada pelanggan yang terjebak dalam lift, petugas di stasiun segera menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dari Kabupaten Bandung.
Petugas di stasiun juga menyiapkan peralatan guna menolong para pelanggan yang terjebak seperti peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), tandu, oksigen, serta kursi roda.
Proses evakuasi oleh tim penolong berlangsung selama 40 menit dengan membongkar lift yang mengalami kendala. Pada pukul 13.10 WIB seluruh penumpang yang berada di dalam lift berhasil dikeluarkan.
"Daop 2 Bandung berterima kasih kepada petugas Damkar, Basarnas, PMI, dan semua yang terlibat dalam evakuasi korban," ungkap Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono.
Mahendro menuturkan, pihaknya akan melakukan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Balai Teknik Perkeretaapian Bandung selaku pemilik proyek untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara bertahap terhadap kendala operasional lift tersebut.
"Sekali lagi kami memohon maaf atas kejadian tersebut. Kami akan lakukan evaluasi agar kejadian serupa tidak terulang. Untuk sementara lift pada kedua stasiun akan kami nonaktifkan," ucap Mahendro.
Editor : Asep Supiandi
Artikel Terkait