BANDUNG, iNews.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom sebagai salah satu inisiator akselerasi digital di Indonesia, merilis Legion sebagai standardisasi porses desain digital. Design System Legion itu dirilis pada pameran produk dan layanan digital, Digital Technology & Platform Business Expo 2022 (DTP) Expo 2 2022 yang digelar Telkom secara internal.
Lead Design & Experience PT Telkom Aris Bachtiar mengatakan, Design System Legion adalah sebuah standardisasi segala hal dalam desain seperti visual, suara, dan tutur kata. Design System Legion dikemas dalam layanan umbrella brand Leap-Telkom Digital (Leap).
"DTP Expo 2 2022 adalah sebuah acara Telkom Group untuk etalase dan perkenalan support platform dan service operation dengan pemaparan use case dari sebuah pengembangan produk sebelum kemudian digunakan masyarakat umum," kata Aris Bachtiar, Rabu (6/4/2022).
DTP Expo 2 2022, ujar Aris, mengangkat tema "Leveraging Influence of DTP Service for The Greater Impact". Kegiatan juga diisi sesi pembicara yang membahas proses dan tahap-tahap dalam pengembangan produk digital.
Materi ini dijelaskan pada sesi "Product Development Phase" oleh Chapter Leader Digital Product Management Zakka Fauzan M dan didampingi Product Manager Awalia Harfian.
Sesi terakhir ditutup oleh Senior Manager Emerging Technology Platform Anton Wahyu Pramono yang menjelaskan tentang konsep Metaverse dan sekaligus Launching Gala Premiere Virtual Concert yang menampilkan Pusakata.
Aris menyatakan, konsep Legion dimunculkan guna mempercepat proses desain dan mempermudah developer dan desainer mereplika desain secara lebih cepat dan konsisten. Sistem ini juga dapat bermanfaat untuk edukasi desainer baru atau junior sehingga cepat beradaptasi.
Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta, yang turut hadir di acara ini mengatakan, Design System Legion yang dirilis ini adalah versi pertama. Ini adalah standar dunia yang kini harus dimiliki perusahaan digital.
Menurut alumni Sistem Informasi Telkom University 1992 ini, walaupun digelar internal, tujuan DTP Expo 2 2022 adalah agar semua Telkom Group termotivasi dalam berinovasi saat memberikan layanan terbaik kepada ekosistem digital Indonesia.
Semangat ini sejalan program pemerintah, yang mana Telkom Indonesia melalui Leap diharapkan mendukung pertumbuhan ekosistem digital guna mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital Indonesia.
“DTP Expo menjadi salah satu bentuk inisiasi Telkom Indonesia untuk menyiapkan operation, technology, dan platform agar dapat dimanfaatkan maksimal untuk membantu bekerja lebih cepat. Serta meningkatkan kapabilitas kami dalam memberikan produk terbaik untuk masyarakat,” tutup Ery Punta.
Editor : Agus Warsudi
Akselerasi digital aplikasi digital bisnis digital cakap digital digital layanan telkom telkom pt telkom PT Telkom Indonesia telkom indonesia
Artikel Terkait