Supercar langka Ferrari F40 ludes terbakar di jalan tol. (Foto: Istimewa)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Supercar Ferrari langka F40 terbakar hebat di jalan Tol Hakone, Jepang. Beruntung, korban pasangan suami istri (pasturi) selamat dalam insiden tersebut.

Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu 8 Mei 2021 itu, berawal saat asap muncul dari ruang mesin. Melihat asap mengepul, pengendara yang merupakan suami istri segera menepi. 

Kemudian, api tiba-tiba menyala dan dengan cepat melahap supercar langka tersebut. Kebakaran mobil tersebut direkam oleh media lokal.

Tampak dalam rekaman, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian saat Ferrari masih menyala, tetapi mereka tidak dapat memadamkan api. 

Akibatnya, mobil hancur total dan tinggal puing-puing baja dan serat karbon yang meleleh. Untungnya, baik pengemudi maupun penumpang tidak terluka.

Sekadar untuk diketahui, Ferrari hanya pernah memproduksi 1.315 unit F40. Sayang, sekarang sudah berkurang satu unit di jalan raya. 

Ferrari pertama kali memperkenalkan F40 pada 1987 sebagai penerus 288 GTO yang kuat. Mobil ini bermesin V8 twin-turbocharged 2,9 liter yang menghasilkan tenaga 471 horse power (hp) pada 7.000 rpm dan torsi 426 lb-ft (577 Nm) pada 4.000 rpm, yang disalurkan melalui transmisi manual lima kecepatan yang menggerakkan roda belakang. 

F40 kemudian digantikan F50 yang dengan sendirinya memberi jalan bagi Enzo dan kemudian LaFerrari hybrid. Banyak yang masih menganggap F40 sebagai Ferrari terhebat yang pernah dibuat.

Belum diketahui pemicu kebakaran tersebut. Diharapkan perusahaan asuransi akan sepenuhnya menanggung kerusakan mobil bermesin tengah itu.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT