Petugas memeriksa kelengkapan syarat perjalanan calon penumpang kereta di masa libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022, sebanyak 4.442 orang calon penumpang kereta api gagal berangkat dari beberapa stasiun di wilayah PT KAI Daop II Bandung. Mereka gagal berangkat karena tidak mengantongi hasil tes PCR dan antigen.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, selama posko Natal dan Tahun Baru 2021-2022 pada  17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, tercatat sebanyak 4.442 calon pengguna jasa KA yang gagal berangkat.  Hal itu dikarenakan mereka tidak memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan KA. 

"Kami KAI, secara konsisten menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa Nataru ini sesuai dengan regulasi pemerintah," kata Manajer Humas Daop 2 Bandung.

Berdasarkan data, dari ribuan penumpang yang batal berangkat, faktor disebabkan dibatalkan oleh penumpang sebanyak 1496 orang, belum vaksin kedua sebanyak 552 orang. 

Kemudian tanpa tes PCR di bawah 12 tahun 1.257 orang, tidak memiliki hasil tes antigen 1.009 orang. Juga ada penumpang dengan suhu badan di atas 37.3  derajat celcius sebanyak 23 orang, tanpa hasil vaksin  101 orang, dan tidak menggunakan masker 4 orang.

Untuk membantu pelanggan melengkapi persyaratan naik KA di masa Nataru 2021/2022, KAI Daop 2 Bandung, telah menyediakan layanan tes PCR di Stasiun Bandung dan Kiaracondong. 

Hal ini sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 112 Tahun 2021, yakni pada periode 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, pelanggan berusia di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif PCR. Total peserta yang melakukan tes PCR di stasiun adalah sebanyak 464 peserta.

Kuswardoyo mengatakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa Nataru 2021/2022 ini tak lepas dari peran seluruh insan KAI dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang mengutamakan pelayanan dan keselamatan.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama masa Nataru 2021/2022 dan telah mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan di tahun 2022 ini,” ujar Kuswardoyo.


Editor : Agus Warsudi

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network