Para orang tuda dan murid di SDN 01 Kedokan Bunder Watan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu datang ke sekolah sejak pagi, Senin (16/7/2018). (Foto: iNews/Toiskandar)
Toiskandar

INDRAMAYU, iNews.id - Tahun ajaran baru dan hari pertama masuk sekolah, ratusan siswa dan puluhan orang tua di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (16/7/2018) pagi, berebut bangku paling depan di kelas incaran. Mereka bahkan berangkat pagi sebelum pintu gerbang sekolah dibuka. Para orang tua dan siswa rela menunggu karena takut tidak kebagian bangku terdepan. Bahkan, akibat berebut bangku, sejumlah orang tua sempat terlibat cekcok.

Seperti yang terpantau wartawan iNews di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01, Kedokan Bunder Watan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu. Puluhan orang tua murid di sana mendatangi sekolah untuk berebut bangku paling depan sejak pukul 05.00 WIB.

Saat gerbang sekolah dibuka, ratusan pelajar SD dari kelas I hingga kelas VI ini, langsung berhamburan masuk ke dalam ruang kelas untuk duduk di bangku favoritnya. Akibat berebutan bangku sekolah, sejumlah orang tua sempat cekcok satu sama lain.

Menurut orang tua siswa, mereka sengaja berangkat lebih awal dengan harapan anaknya mendapatkan bangku terdepan. Khusus siswa yang baru duduk di kelas I, sejumlah orang tua bahkan sudah menempelkan nama anaknya di bangku sekolah. Mereka pun sampai rela sarapan di ruang kelas.

“Saya sengaja datang pagi biar bisa dapat bangku yang bagus di depan. Semuanya juga datang pagi. Pada berebutan bangku biar di depan,” kata Evi, salah satu orang tua murid, Senin (16/7/2018).

Tradisi berebut bangku memang terjadi setiap tahun ajaran baru dan hari pertama masuk sekolah di Indramayu. Orang tua percaya, mendapatkan tempat duduk terdepan akan membuat anak menjadi lebih pintar karena lebih dekat untuk berkomunikasi dengan guru.


Editor : Himas Puspito Putra

BERITA TERKAIT