BANDUNG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (persero) melalui PT Reska Multi Usaha atau dikenal dengan KAI Services mulai merambah bisnis detail dengan membuka gerai retail di stasiun. Ekspansi bisnis dilakukan untuk mengharap pangsa pasar retail yang terus bertumbuh.
Plt President Director KAI Services Tamsil Nurhamedi menyatakan, pihaknya merambah ke bisnis outlet retail setelah sebelumnya juga memberikan pelayanan digital retail melalui platform yang sama yaitu lokomart.id. Ini sejalan tiga bidang bisnis utama yaitu pelayanan sepanjang perjalanan kereta api (onboard services), integrated facility services dan pelayanan komersil (commercial services).
Sebagai tahap awal, pihaknya membuka Lokomart di Stasiun Pasar Senen. Lokomart akan menjadi one stop services pelayanan penumpang kereta api. Selain menyediakan kebutuhan pokok selayaknya retail lain, lokomart juga menyediakan makanan dan minuman unggulan produksi KAI Services yang biasa dinikmati sepanjang perjalanan kereta api.
"Ke depannya, Lokomart juga akan terintegrasi dengan KAI Services lainnya serta platform pembayaran KAI pay sehingga akan menambah kemudahan penumpang dalam melakukan pemesanan dan pembayaran serta pelayanan melalui satu aplikasi KAI acces, " kata dia, Jumat (28/1/2022).
Pengelolaan lokomart juga bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (alfamart) yang berpengalaman dalam pengelolaan retail dan matang dalam pola distribusi.
Direktur Utama Alfamart, Anggara Hans Prawira menjelaskan bahwa Alfamart senang bisa bekerja sama dengan KAI Services melalui Lokomart by Alfaexpress ini. Produk RTE (ready to eat) dan RTD (ready to drink) yang bervariasi atau barang kebutuhan lain yang disediakan serta layanan yang cepat dan praktis, sesuai dengan karakteristik konsumen di lokasi stasiun kereta.
"Itu semua tentu bisa memenuhi harapan konsumen di sini atau penumpang angkutan kereta akan kehadiran toko ritel di stasiun," ucapnya.
Editor : Asep Supiandi
Artikel Terkait