Bank Raya raih Digital Innovation Awards (DIA) 2025 pada kategori Digital Innovation in Business Transformation. (Foto: dok Bank Raya)

JAKARTA, iNews.id - Bank Raya, sebagai bank digital bagian dari BRI Group, berkomitmen untuk terus mendorong inovasi sebagai bank digital. Sejalan dengan upaya tersebut, Bank Raya mendapatkan penghargaan Digital Innovation Awards (DIA) 2025 pada kategori Digital Innovation in Business Transformation dari iNews Media Group.

Penghargaan diberikan atas keberhasilan Bank Raya dalam melakukan transformasi layanan digital melalui aplikasi inovasi improving digital banking experience with Raya App PT Bank Raya Indonesia Tbk. Selain itu, juga sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Bank Raya dalam berinovasi untuk menghadirkan produk digital yang komprehensif sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan dan membantu meningkatkan produktivitas para pelaku usaha. 

Penghargaan diumumkan pada malam puncak DIA 2025 yang diselenggarakan di MNC Conference Hall, Jakarta dan dihadiri oleh Direktur Digital dan Operasional Bank Raya Lukman Hakim.

DIA 2025 merupakan bentuk apresiasi terhadap para pelaku inovasi digital yang dinilai berhasil menghadirkan solusi teknologi dengan dampak positif bagi dunia usaha dan masyarakat luas. Tak hanya itu, DIA juga sebagai ajang apresiasi yang diberikan kepada pelaku digital terdepan yang telah berkontribusi secara positif dan inovatif di sosial media. Salah satu kekuatan utama penghargaan ini adalah partisipasi publik yang memberikan suara mereka secara langsung melalui sistem voting.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat agar kami dapat terus memberikan komitmen dan kinerja terbaik bagi para stakeholders. Sebagai digital attacker BRI Group, kami berkomitmen menjadi Bank digital yang mengedepankan inovasi teknologi untuk memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas bagi masyarakat," ucap Direktur Digital dan Operasional Bank Raya Lukman Hakim.

Sebagai bank digital, Bank Raya berfokus pada inovasi untuk mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan dengan menghadirkan produk dan fitur yang relevan sesuai kebutuhan nasabah, khususnya bagi pelaku usaha dan komunitas.

Seperti misalnya Saku Bisnis untuk pemberdayaan pelaku usaha yang memudahkan mereka dalam mengatur keuangan dan transaksi harian usaha, QRIS Bisnis yang terintegrasi dengan Saku Bisnis dan dapat dilakukan empat kali pencairan dalam satu hari, juga penambahan fitur akses kasir saku bisnis.

Di samping itu, ada juga Saku Bareng, fitur menabung kolektif hingga tiga ratus anggota. Saat ini telah dilengkapi dengan fitur Tagih Uang untuk melakukan penagihan dan pembayaran untuk admin dan anggota yang komunitas yang tergabung di Saku Bareng. Tersedia pula program “Raya Poin” sebagai program apresiasi untuk loyalti nasabah. 

Lukman mengatakan, pengembangan produk dan inovasi di Bank Raya didasari dengan fokus pada shorter, smaller, faster sehingga memudahkan dalam menghadirkan inovasi yang tepat sasaran.

"Pada 2025, kami melakukan improvement dengan menyederhanakan proses on boarding user Raya App menjadi lebih cepat. Selain itu, kami juga terus memperkuat dari aspek keamanan melalui artificial intelligence yaitu Fraud Detection System (FDS) serta meningkatkan service kepada nasabah melalui Sapa Raya yang dapat diakses melalui Call Center 1500494 atau WhatsApp Business 0812-1000-0494 yang bisa diakses selama 24 jam," kata Lukman.

Melalui komitmen inovasi produk digital dan pertumbuhan bisnis digital yang berkualitas, Bank Raya mampu secara konsisten menumbuhkan kinerjanya. Hal tersebut tercermin dari kinerja cemerlang pada kuartal I-2025 dengan pencapaian positif di berbagai indikator keuangan. Bank Raya mencatatkan perolehan Laba Bersih pada kuartal I-2025 mencapai Rp16,92 miliar atau tumbuh menembus 84,7 persen (yoy) bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada kuartal I-2025, total aset Bank Raya tercatat tumbuh 9 persen (yoy) mencapai Rp13,35 triliun, ditopang oleh pertumbuhan Total Kredit yang diberikan Bank Raya sebesar Rp7,34 triliun atau tumbuh 8,7 persen (yoy). 

Di samping itu, pada kuartal I-2025, Bank Raya juga berhasil melayani lebih dari 1 juta nasabah melalui Raya App. Frekuensi transaksi Raya App meningkat menjadi 1,1 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 57,1 persen (yoy).

Dengan semakin berkembangnya fitur dan inovasi produk Raya App, jumlah nasabah diharapkan dapat meningkat seiring dengan pertumbuhan pada digital saving yaitu sebesar Rp1,4 triliun atau tumbuh 55,03 persen (yoy). 

"Penghargaan ini kami persembahkan bagi para nasabah, BRI Group selaku induk dari Bank Raya yang selalu memberikan dukungan untuk setiap langkah bisnis kami, dan semua ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis Bank Raya. Bank Raya berkomitmen untuk terus berinovasi, untuk terus memberi makna bagi BRI Group dan Indonesia," tutur Lukman.


Editor : Anindita Trinoviana

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network