Maskot konsumen berdaya si Enda yang diusung Dirjen Perlindungan Kosumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag menyosialisasikan prokes kepada pengunjung pasar. (Foto: Istimewa)

Didit Maihatir Marpilana

(Pranata Humas Kemendag)

UNTUK dapat memulihkan ekonomi bangsa, penting bagi seluruh masyarakat sebagai konsumen cerdas untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19. Sosialisasi ini diharapkan tidak hanya dapat mengingatkan, tetapi juga membuat masyarakat disiplin menerapkan prokes.

Karena itu, pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) berusaha membentuk pergeseran pola konsumsi, produksi, transaksi, dan distribusi sebagai kekuatan baru untuk memulihkan ekonomi.

Pemulihan ekonomi pada masa darurat kesehatan, sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah. Demi terwujudnya iklim perdagangan yang baik, dibutuhkan pelaku usaha yang bertanggung jawab, serta konsumen cerdas yang teliti dan memahami hak dan kewajibannya.

Pemerintah selaku regulator harus menjamin dan memastikan kesinambungan perekonomian melalui berbagai kebijakan yang melindungi aktivitas perdagangan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini.

 

Semangat Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2021 bertema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju, diharapkan menjadi pendorong bagi masyarakat dalam membangun gerakan konsumen cerdas. Selain itu, memperkuat upaya perlindungan konsumen yang dilakukan pemerintah demi percepatan pemulihan ekonomi bangsa.
 
Semangat Harkonas juga diharapkan menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri.

Sosialisasi Si Enda
Maskot konsumen berdaya Si Enda yang diusung Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) membagikan masker kepada warga di pasar tradisional dan modern. 

Kegiatan ini bentuk sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di masa PPKM untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Pembagian masker ini adalah salah satu bentuk ajakan dan mengingatkan para konsumen yang sedang berbelanja di pasar agar tetap menaati prokes.

Selain itu, juga diberikan informasi lewat slogan penyemangat agar konsumen Indonesia cerdas dan kritis di masa pandemi. Pembagian masker oleh Si Enda itu dilakukan di Pasar Modern BSD City pada 25 Agustus 2021, Pasar Jaya Kramat Jati pada 25 Agustus 2021, Pasar Jatinegara pada 2 September 2021.

Kemudian, di Pasar Pucung Raya Depok pada 26 Agustus 2021; Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat 31 Agustus 2021 dan Pasar Bendungan Hilir pada 6 September 2021. Di wilayah Jakarta Selatan, Pasar Tebet Barat pada 31 Agustus 2021, Pasar PSPT Tebet Timur pada 8 September 2021.

Aksi pembagian masker ini akan dilaksanakan di pasar Pasar Kwitang Dalam Senen, Jakarta Pusat serta Pasar Manggis Setiabudi dan Pasar Karet Pedurenan, Jakarta Selatan.

Si Enda juga mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes. Si Enda membawa poster bertuliskan “Konsumen Cerdas Ayo Vaksin”, “Jadilah Konsumen Kritis di Masa Pandemi”, “Konsumen Cerdas Pulihkan Ekonomi Bangsa”, “Konsumen Cerdas, Covid-19 Pasti Berlalu”, “Konsumen Cerdas Beli Sesuai Kebutuhan”, serta “Konsumen Cerdas Jalankan Prokes”.


Editor : Agus Warsudi

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network