Ada beberapa fashion brand lokal yang go internasional, di antaranya dari Bandung, Jawa Barat. (Foto: Antara).

BANDUNG, iNews.id - Ada beberapa fashion brand lokal yang go internasional berhasil menembus pasar global. Brand lokal ini merupakan hasil karya anak bangsa yang diminati oleh masyarakat Indonesia hingga mancanegara. 

Banyak dari sebagian masyarakat Indonesia yang mungkin menganggap tren fashion di Indonesia masih ikut-ikutan tren di negara lain. Sehingga gaya berbusana yang tren cukup banyak membawa budaya dari luar. 

Salah satunya, tren fesyen ala K-Drama atau tontonan lain yang sedang booming. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar. Ada beberapa merek fashion lokal Indonesia yang sangat diminati di pasar internasional. 

Keberhasilan dari merek-merek fesyen yang menembus pasar internasional tak terlepas dari kualitas bahan, model, campaign dan nilai produk yang baik. Lebih membanggakan lagi, merek fesyen tersebut dijual dengan label “Indonesian Local Brand”. 

Berikut fashion brand lokal yang go internasional dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Erigo

Bisnis fashion ini telah didirikan sejak 2010 silam dan awalnya bernama Selected and Co. Fokus dari brand ini pada awalnya justru memproduksi pakaian batik yang casual. 

Seiring berjalannya waktu, Muhammad Sadad yang merupakan founder dari brand tersebut melakukan inovasi produk. Dia mengubah nama brand menjadi Erigo pada 2013 dan memperluas segmentasi pasar dengan menjual produk pakaian unisex berkonsep street style dan traveling. 

Konsep ini rupanya lebih mudah diterima masyarakat karena dinilai lebih kekinian. Erigo kini semakin dikenal oleh masyarakat tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. 

Selain itu, Erigo juga sempat melakukan iklan brand di billboard Time Square New York, Amerika Serikat pada awal Maret 2021 yang membuat brand-nya lebih di kenal di pasar internasional. 

Erigo juga berhasil memamerkan koleksi terbarunya dalam acara bergengsi New York Fashion Week 2022 sebagai eksistensinya di pasar global.

2. The Executive

Merupakan brand fashion yang diproduksi oleh PT Delami Garment Industries atau dikenal dengan Delamibrands. Perusahaan tersebut didirikan oleh Johanes Farial pada 1979. Tak seperti kebanyakan brand fashion yang menyasar pangsa pasar pakaian casual, The Executive justru hadir dengan produk workwear yang banyak diminati oleh para profesional dan eksekutif muda. 

Brand ini telah bertahan hingga lebih dari tiga dekade, popularitas The Executive semakin melejit setelah tak hanya di Indonesia tapi juga di pasar internasional. 

Produknya dapat kalian temui di berbagai wilayah seperti Jakarta, Pulau Jawa, Ambon, Bali, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Palembang, Samarinda, dan Medan. Selain itu, The Executive juga berhasil menembus pasar global dengan menjual koleksinya di beberapa negara seperti Singapura, China, India, Sri Lanka, Asia Utara, Timur Tengah dan Australia. 

3. Cotton Ink

Didirikan oleh Carline Darjanto dan Ria Sarwono pada 2008. Awalnya Cotton Ink hanya memproduksi t-shirt custom, namun seiring dengan banyaknya konsumen dan perkembangan bisnisnya, Cotton Ink memperluas pangsa pasarnya dengan menambah beberapa variasi item. 

Pada kancah nasional, merek ini telah memperoleh penghargaan, seperti The Most Innovative Brand di ajang Jakarta Fashion Week. Kemudian, memperoleh penghargaan sebagai Best Local Brand dari Free Magazine. 

Selain itu Cottonink juga berhasil menembus pasar Singapura, Malaysia, Australia dan beberapa negara di Eropa dengan sistem penjualan langsung lewat platform Cottonink.


Editor : Kurnia Illahi

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network